Senin, 06 Juni 2011

Merawat Komputer Dengan Baik dan Benar



  1. Bersihkan motherboard & periferal lain(hardware) dari debu secara berkala. (6 bulan sekali) Debu sebagai penghantar panas, sehingga apa bila komponen CPU, misalnya Prosesor, walau tersembunyi debu bisa masuk juga, memori/ RAM sering kali kena debu, dan kerja komputer jadi ngadat, hang atau bahkan komputer tidak bisa dinyalakan. Maka check dan segera bersihkanlah komponen tersebut lalu pasang kembali dan nyalakan.
  2. Uninstall program yang tidak berguna. Dan bersihkan Recycle Bin secara rutin.
  3. Install program antivirus dan update secara berkala.
  4. Disk Clean Up dan Defrag harddisk secara berkala. Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja akan lebih ringan yg akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.
  5.  Pakailah UPS atau stavolt. Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yg dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau terpaksa tidak ada UPS, pakailah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.
  6. Jangan pernah mematikan komputer dengan menekan tombol power sebelum OS/Windows benar-benar telah mati dan harddisk sudah tidak bekerja ( lampu indikator harddisk sudah tidak berkedip).
  7. Backup Data, jangan tunggu hingga besok. Lakukan backup data yang penting ke eksternal storage misal CD-RW, DVD-RW atau External Hard Disk.
  8. Simpan dengan baik CD Driver yang anda peroleh ketika membeli computer dan peripheralnya. Disk-disk ini berisi driver dan program yang sesuai untuk computer anda ketika anda perlu untuk menginstall ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar