Jumat, 25 Maret 2011

Komputer Built-Up dan Komputer Rakitan


Komputer Built-Up dan Komputer Rakitan

Dari segi pembuatannya, komputer yang biasanya dipakai oleh user umumnya (personal computer) terdiri dari 2 jenis, yaitu:

Komputer Built-Up, yaitu komputer yang dibuat oleh suatu perusahaan untuk dipasarkan di kalangan umum. Artinya komponen-komponen perangkat kerasnya sudah dibuat satu paket oleh perusahaan pembuatnya dengan melalui sebuah proses dan uji produk yang telah ditetapkan, misalnya: IBM, Compact, Acer, HP dan lain-lain

Komputer Rakitan, yaitu komputer yang komponen-komponennya dijual terpisah yang dapat dilakukan oleh user sendiri sesuai prosedur yang ditetapkan. Ada juga yang satu paket yang telah dirakit oleh toko penjualnya.

Keuntungan komputer built-up:
  • Dapat langsung digunakan karena satu paket jadi;
  • Dari sisi kemampuan pada umumnya lebih cepat dalam mengeksekusi data atau menjalankan suatu program tertentu. Pengalaman saya, pernah mempunyai komputer built-up merek Compact dengan prosessor PIII 733 MHz dan satu unit komputer rakitan dengan prosessor yang sama serta saya install dengan sistem operasi dan aplikasi program yang sama. Hasilnya waktu loading start-up maupun membuka aplikasi yang sama terdapat selisih sekian detik lebih cepat komputer built-up.
Kelemahan komputer built-up:
Pada umumnya harganya relatif lebih mahal dari komputer rakitan dengan spesifikasi yang sama. Anda dapat lihat di Google tentang daftar harga komputer built-up dengan komputer rakitan yang sudah menjadi satu paket.

Keuntungan komputer rakitan:
  • Kita dapat memilih spesifikasi komponen sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang ada;
  • Melakukan modifikasi dan upgrade komponen sesuai keinginan
Kelemahan komputer rakitan:
Ketika memilih spesifikasi PC rakitan, jangan sampai terkecoh pada harga murah. Ingat!! Kualitas berhubungan dengan HARGA!!.. Pastikan  beli Rakitan pada orang yang anda percaya……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar